inilah Alasan Kuat Mengapa kamu perlu tau Peran BPK dalam mendorong Akuntabilitas Keuangan Negara! - DhereNote - Be Inspiring To Your Future of Life

February 6, 2018

inilah Alasan Kuat Mengapa kamu perlu tau Peran BPK dalam mendorong Akuntabilitas Keuangan Negara!


Mengingat dahulu apa yang terjadi pada negara ini!
Penyalahgunaan kekusaan
Mismanajemen
Dan korupsi yang terus mengalir tanpa berfikir itu adalah hak kami

Harta yang tak ternilai harganya
Menjadi Pemicu bangsa negara
Kami sebagai rakyat hanya bisa melihat!
Ya, hanya bisa melihat

BPK Kawal Harta Negara - Sudah kita ketahui korupsi di indonesia sudah menjadi penyakit sosial yang sangat berbahaya dan akan mengancam semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Bukan hanya itu belum lagi penyalahgunaan kekuasaan, mismanajemen yang secara bersama-sama menjadikan negara ini begitu tak berkembang dan tercekik kemiskinan.

Lalu apa yang solusinya?
Jawabannya “negara membutuhkan kita, ya rakyat indonesia“

Upaya membangun Indonesia baru ini memerlukan keterlibatan semua pihak masyarakat. Dalam kaitan itulah, masyarakat perlu memiliki pemahaman cukup untuk mengenal segenap lembaga yang memiliki kewenangan dan kewajiban untuk menegakkan pemerintahan yang bersih tersebut.

Mengenal Lebih Dekat BPK RI

Images: BPK RI

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atau BPK ialah suatu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan indonesia  yang mana mempunyai wewenang mengelola dan bertanggung jawban terhadap keuangan negara. Dalam hal ini BPK termasuk dalam kategori lembaga yang mandiri dan bebas yang sesuai tercantum dalam UUD 1945.

Perlu kita ketahui, Keuangan Negara adalah semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinikmati dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun berupa barang yang dapat dijadikan milik negara berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut. Serta Pengelolaan Keuangan Negara adalah seluruh kegiatan penjabat pengelolaan keuangan negara sesuai dengan  kewenangannya yang dapat dipertanggung jawabkan.

Kapan sih BPK Lahir?


BPK didirikan pada 1 Januari 1947. Karena saat itu, 1 Januari dinyatakan sebagai Hari Ulang Tahun BPK. Nah cobalah untuk kenali BPK Kawal Harta Negara, maka Anda pun akan dikenal. 

dan Mengapa BPK Harus Ada?


Kini Badan Pemeriksa Keuangan dibentuk dengan tujuan mengawal harta negara dan pengelolaan yang dilakukan oleh pejabat pemerintahan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Harta negara yang dimaksud tentunya memiliki cakupan yang terpenuhi, meliputi seluruh kekayaan negara atau pun kekayaan daerah berupa:

  • Uang,
  • Surat berharga,
  • Piutang,
  • Barang, atau
  • Sesuatu yang dapat dikonversi menjadi uang termasuk kekayaan milik BUMN maupun BUMD.

Sedangkan pengelolaan harta negara yang dilakukan oleh pejabat pemerintahan meliputi:

  • Perencanaan,
  • Pelaksanaan atau eksekusi,
  • Pengawasan, dan
  • Pertanggungjawaban.

Seandainya BPK tidak ada,  mungkin akan terjadi banyak kesalahan dalam pengelolaan harta negara. Benar nggak sih! Karena pemeriksaan dan pengawalan yang dilakukan BPK sangat penting demi memastikan bahwa setiap pejabat negara yang diamanahi untuk mengelola keuangan negara telah melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya serta dapat dipertanggung jawabkan. Terlepas dari itu semua adalah terealisasinya manfaat pembangunan yang sebesar-besarnya bagi rakyat.

Pada UUD 1945 sebelum amandemen, BPK hanya dibahas sedikit saja yaitu pada pasal 23 ayat (5) dan selebihnya diatur dalam Undang-Undang. Namun setelah amandemen, BPK lebih diberdayakan dan legitimasinya tercantum dalam UUD 1945 Pasal 23E, 23F, dan 23G.

Sementara, Landasan Operasionalnya Berdasarkan pada:

  1. UU No. 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara;
  2. UU No.  1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara;
  3. UU No. 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara; serta
  4. UU No, 15 tahun 2006 tentang BPK.

Tak terlepas dari tanggung jawab BPK hadir dengan membawa peran dan tugas yang harus dilakukan. Adapun peran dan tugas pokok BPK dapat diuraikan dalam dua hal sebagai berikut:

  1. Memeriksa asal-usul dan besarnya penerimaan negara, dari manapun sumbernya.
  2. Mengetahui tempat penyimpanan uang negara dan penggunaan uang negara tersebut.

Kedudukan BPK dalam Penyelenggara Negara


Images: BPK RI
Setelah amandemen terhadap UUD 1945 yang memuat ketetapan yang lebih tegas mengenai posisi BPK. Dalam amandemen tersebut, dinyatakan bahwa BPK adalah badan yang “ bebas dan mandiri” (Pasal 23E). Dan saat ini BPK benar-benar berdiri sejajar dengan Presiden.

Terlintas dari kedudukannya, BPK menjadi pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. Dengan memeriksa pengelolaan keuangan serta bertanggung jawab terhadap keuangan negara secara bebas dan mandiri. Tak lupa, melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegritas, independen dan profesional.
Mengapa begitu?
Hal ini dilakukan demi meningkatkan manfaat hasil pemeriksaan dalam rangka mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara. Serta meningkatkan pemeriksaan yang berkualitas dalam mendorong pengelolaan keuangan  untuk mencapai tujuan negara.

Mengapa Keuangan Negara Harus Diperiksa?



Pertanyaan penting yang menjadi sebab BPK dan terdengar eksis, Bukan?

Pemeriksaan yang dilakukan BPK meliputi identifikasi masalah, analisis serta evaluasi yang dilakukan secra independen, integritas, professional berdasarkan standar pemeriksaan.

Maka Dari itu, Pemeriksan keuangan Negara memang perlu dilakukan agar tiap pengelola uang Negara akan selalu menjalakan amanat dengan tanggungjawab hingga membawa hasil yang baik untuk rakyat. Bagaimanapun caranya, pihak yang mengelola uang Negara itu harus menyadarinya dan bahwa meraka tidak dapat terus-menerus memanfaaatkan uang yang dipercayakan rakyat dipergunakan secara tidak bertanggungjawab.

Pahami Tentang Akuntasibilitas Keuangan Negara


Sebelum lebih jauh kita membahas, Seebaiknya kita perlu tau apa itu akuntabilitas? Banyak sekali pengertian akuntabilitas menurut beberapa ahli. Namun teringkas sebenarnya akuntabilitas ialah pertanggung jawaban atas program yang dijalankan.

Apakah Kehadiran BPK terutama ditujukan untuk mencegah kebocoran dan korupsi?

Kini Peran BPK jauh lebih luas daripada mecegah kebocoran kurupsi, Mengapa? Karena yang terpenting, kehadiran BPK diharapkan dapat menjaga transparansi dan akuntabilitas keuangan Negara mengingat pengelolaan keuangan Negara yang bertanggungjawab merupakan syarat bagi kesehatan perekonomian dan pembangunan nasional. Maka sudah jelas BPK Kawal Harta negara memiliki tanggungjawab untuk memeriksa pengelolaan keuangan negara.
Untuk mengawal harta negara dengan baik diperlukan beragam tindakan, salah satunya adalah dengan mendorong akuntabilitas keuangan negara.
Nah, makanya Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Negara memudahkan pemerintah untuk menegetahui setiap saat kondisi keuangan sendiri agar melakukan perencanaan pendanaan pembangunan dan memonitor pelaksanaanya dengan baik. Tak hanya itu, transparansi dan akuntabilitas ini juga akan mendorong peningkatan kinerja BUMN dan BUMD sehingga mampu bersaing di pasar global.

Sistem Kerja BPK RI


Secara umum, sistem kerja BPK terbagi menjadi empat tahapan sebagai berikut.


Setelah pihak instansi melakukan respon dan melakukan tindak lanjut terhadap rekomendasi BPK, maka selanjutnya BPK akan memantau, menyusun, dan melaporkan hasil tindak lanjut tersebut.

Tidak hanya itu, mengikuti kemajuan teknologi yang semakin dipercayakan, BPK juga memiliki aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk mengolah data pemantauan secara real time antara BPK dengan entitas yang diperiksa. Apa itu? Yaitu Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL) dan mulai diluncurkan pada 6 Januari 2017 silam. SIPTL dapat diakses pada halaman  eauditee.bpk.go.id.

Maka sudah terbukti dengan adanya aplikasi berbasis web SIPTL tentu akan memudahkan BPK dalam menindak lanjuti pemantauan keuangan negara. Tidak perlu bertatap muka dengan entitas yang diperiksa karena bisa mengakses lewat web.


Images: BPK RI
Demikian kutipan yang saya peroleh dari sini. Bayangkan, dalam 1 semester  tahun 2017 BPK Kawal Harta Negara, yaitu telah menyelamatkan keuangan negara senilai Rp13,70 Triliun pada Semester I tahun 2017. Dari mana sajakah uang sejumlah itu? Telah disampaikan oleh Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara pada saat penyerehan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester  (IHPS) I Tahun 2017 kepada Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (10/10/2017), Bahwa uang tersebut berasal  dari penyerahan aset/penyetoran ke kas negara, koreksi subdisi, dan koreksi cost recovery.

Jangan pernah bosan untuk membahas tentang Negara Kita. Karena kalo bukan kita rakyat Indonesia! Siapa Lagi? Apalagi ini tentang keuangan Negara  BPK Kawal Harta Negara  dimana kita harus paham sitem kinerja agar kita bisa membantu untuk apresiasi sebagai bentuk dukungan terhadap penegakkan peneglolaan keuangan negara yang transparan, bersih serta mampu bertanggung jawab.

Sudah jelas bukan? Peran BPK Kawal Harta Negara itu terbukti penting bagi keuangan negara.  Lalu sekarang waktunya kita berperan serta mendorong Akuntabilitas Keuangan Negara bersama BPK. Yuk Kawal Harta Negara!

Source:

Instagram: @bpkriofficial
Twitter: @bpkri
Facebook Fanpage: @humasbpkri.official
  1. SIPTL nya bisa mantau secara realtime ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps tepat sekali, dengan adanya SIPTL ini dapat mengolah data pemantauan secara real time antara BPK dengan entitas yang diperiksa.

      Delete
  2. Semakin salut sama kinerja BPK yang semakin cemerlang ya dek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang, kini tanggungjawab BPK RI sangat berperan dalam kinerja BPK agar semakin maju dan dapat memecahkan sebuah permasalah dalam keuangan negara.

      Oh iya kak, ternyata BPK RI ini memiliki peran penting loh! atas negara kita.

      Delete
  3. wih keren je tampilannya

    ReplyDelete
  4. Keren nih BPK ada SIPTL, jadi bisa dipantau secara realtime
    Gebrakan yang oke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang BPK ini sangat sigap, apalagi sudah berhubungan dengan pengelolaan keuangan negara.

      Delete
  5. Secara realtime bisa dipantau, semoga kinerja semakin terpercaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn, semoga BPK mampu melaksanakan dengan tanggungjawab

      Delete
  6. Pembahasannya lengkap banget.. jadi melek banget ttg BPK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah masalah keuang negara , kudu melek kak. hhehhe

      Delete
  7. Semoga BKP menjadi lembaga yang dipercaya masyarakat.. Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn, semoga BPK mampu melaksanakan dengan tanggungjawab

      Delete
  8. Yuk kita dukung BPK untuk kawal harta negara ka.

    ReplyDelete
  9. BPK Kawal Harta Negara menjadi sebuah keharusan, karena BPK lembaga professional ini harus kita dukung, sehingga uang negara bisa dijaga dengan baik dan bisa dimanfaatkan untuk pembangunan, tidak ada lagi korupsi.

    ReplyDelete
  10. Alasan yang kuat, logis untuk bpk bersama warga selalu mendukung dan mengawal Harta Negara agar tidak di korup oleh orang bangsa sendiri.

    ReplyDelete
  11. Tugas BPK ini cukup berat, sangat berat malah. Inilah yang harusnya membuat kita (Masyarakat) peka untuk ikut berkontribusi mengawal harta negara bersama BPK.

    Bukan hanya untuk meringankan tugas BPK, tapi untuk kita sendiri juga, agar lebi peduli dengan keadaan di sekitar, termasuk yang terjadi di negara kita ^-^

    ReplyDelete

Start typing and press Enter to search